Kamis, 13 Januari 2011

KEADAAN KOTAKU

Pengenalan terhadap tatanan kota adalah cermin dari keadaan kota. Bagaimana tata kota, bagaimana kebersihan kota ini semua dapat dilihat oleh masyarakat ramai yang kemudian menjadi betah bagi para masyarakatnya. Terlepas dari itu semua coba kita tengok jalan-jalan raya(Pantura) banyak sekali lubang-lubang yang semakin hari semakin besar dan sangat membahayakan bagi para pengguna jalan raya. Banyak kecelakaan-kecelakaan yang terjadi akibat jalan yang kurang mulus, jalan yang berlubang dll. Saat musim hujan datang banyak sekali akibat yang ditimbulkan mulai dari banjir sampai dengan tanah longsor. Banyak sekali akses-akses menuju tempat penting jadi terganggu dengan adanya musim penghujan mungkin karena adanya hujan sehingga menimbulkan banyak sekali musibah. Tetapi sebenarnya bukan salah hujan coba bayangkan jika hujan tidak turun? Maka akan terjadi kekeringan yang berkepanjangan, sebenarnya semua itu adalah salah dari ulah manusia sendiri.
Wajah kota kerap jadi alasan pemkot untuk mendandani kota, tetapi lupa akan akses-akses seperti jalan yang kemudian dibiarkan berlubang saja tanpa adanya penanganan yang cukup signifikan. Mungkin karena musim hujan tidak kunjung jua pergi jadi pemkot khususnya menunggu datangnya musim yang cocok untuk membetulkan jalan-jalan raya. Padahal kalau dilihat dari keamanannya sangatlah tidak aman jika keadaan jalan dengan sedemikian parahnya karena banyak menimbulkan berbagai kecelakaan yang meminta korban berjatuhan. Seharusnya akses menuju tempat penting haruslah diperhatikan dengan teliti karena ini adalah menjadi titik perekonomian suatu pendapatan kota dalam hal ini adalah contoh jalan menuju tempat wisata haruslah diperhatikan betul karena jika jalan menuju wisata mudah dan gampang dicapai maka akan banyak pendatang yang kemudian menjadikan pendapatan dari suatu dareah atau kota. Sebenarnya jika saja setiap manusia sadar akan begitu pentingnya hal tersebut maka dengan kesadaran mereka, mereka akan mau menjaga dan melestarikan hal itu. Tetapi kebanykan masyarakat kota pada saat ini cenderung merusak tengok saja ketika kita berada di suatu wisata, banyak sekali tuliusan tangan yang kurang etis bahkan mengganggu pemandangannya ini sungguh sangat disayangkan di zaman susah seperti ini masyarakat tidak mau sadar juga akan hal pentingnya akan itu.
Padahal sudah ada penghargaan-penghargaan yang akan diberikan kepada kota yang indah, bersih, rapi dll. Tetapi masyarakat acuh akan hal itu dan terkesan tidak perduli dan tidak mau ambil pusing. Ini adalah salah satu cermin masyarakat kota kita pada saat ini yang terkesan cuek dan arogan. Seharusnya kita saling mendukung akan pariwisata kota yang semakin hari semakin buruk. Melihat potensi yang dimiliki dari kota satu dengan kota yang lainnya berbeda seharusnya ini menjadi ciri khas kota itu sendiri. Dengan pengembangan wisata di suatu daerah atau kota, diharapkan perekonomian masyarakat setempat akan menjadi maju dan semakin maju dan pendapatan daerah akan semakin meningkat. Namun sungguh disayangkan semua angan-angan itu belum tercipta kalau kita semua tidak menyadarinya dan tidak mau turun tangan yang masih terkesan acuh terhadap sesuatu.
Suatu kota akan dikenal dan akan menjadi terkenal karena mungkin dari potensi alamnya yang sungguh eksotik, masyarakatnya yang ramah, makanan khas dari suatu daerah tersebut yang mampu menarik bagi orang lain untuk mau menikmatinya. Untuk itulah semua elemen yang terkait dengan masyarakat tersebut harus bahu membahu demi trciptanya itu semua baik dari segi fisik maupun dari segi non fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar