Rabu, 12 Januari 2011

NORMA ETIKA

Banyak sekali masyarakat kita yang belum mengerti apa itu norma etika, meski kadang banyak diantara kita yang mengganggap norma itu hanya milik raja-raja pada zaman dahulu, padahal pernyataan ini adalah sangat salah. Sebagai manusia kita tidak bisa hidup secara individu karena pada dasarnya manusia diciptakan dimuka bumi adalah sebagai makhluk social yaitu yang selalu tergantung manusia satu dengan manusia lainnya. Contohnya jika kita ingin memotong rambut bisakah kita melakukannya seorang diri? Jawabannya mungkin bisa tapi tidaklah rapi jika kita menggunakan bantuan orang lain pada dasarnya tidaklah mungkin orang mencukur rambutnya sendiri.
Norma atau etika pada dasarnya sangat diperlukan manusia untuk menghormati manusia satu dengan menusia yang lainnya. Etikalah yang mengatur bagaimana menghormati manusia yang lebih tua, tapi justru terkadang sebagian manusia lupa akan hal yang penting seperti ini. Terkadang seorang anak memanggil orang yang lebih tua dengan seenaknya sendiri tanpa tahu aturan yang dimaksud, kejadian ini sangatlah memprihatinkan bagi kita semua. Sangatlah miris bagi kita semua setelah mengetahui arti pentingnya tata krama bagi kehidupan kita sehari-hari. Pernah ketika aku berkunjung kerumah seorang temen ada kejadian yang sangat sungguh disayangkan, ketika aku bertamu di rumah salah seorang temen ketika aku dipersilahkan masuk tiba-tiba adik dari seorang temenku baru pulang dari sekolahnya dan ketika itu dia sangat kehausan karena pada saat itu cuaca sangat panas sekali, lalu kemudian dengan tanpa dosa membentak ibunya untuk membalikan minuman dari es, alangkah terkejuutnya aku pada waktu itu ketika aku tahu bahwa yang membentak itu adalah salah seorang cewek yang duduk dibangku Sekolah Menengah Atas kelas 3. Dari kejadian ini sangat miris sekali kemudian dalam hati aku bertanya-tanya seharusnya kejadian seperti ini adalah salah siapa? Seharusnya dari kejadian ini janganlah kita saling menyalahkan satu sama yang lainnya seharusnya kita introspeksi diri, karena dari kejadian seperti ini adalah orang tualah yang pada dasarnya memberikan ilmu pengetahuan pada anaknya sejak usia dini. Mungkin karena orang tua sudah sangat sibuknya sehingga mereka mungkin acuh terhadap anaknya bagi orang tua semacam ini karena sudah memberikan fasilitas kepada anaknya sudah dirasa sangat cukup sehingga mereka lupa akan perkembangan si anak, karena perhatian mereka tercurah bukan kepada anaknya tetepi melainkan kepada sebuah pekerjaaan. Mereka lebih takut kehilangan pekerjaan dari pada kehilangan masa-masa kecil anak mereka.
Norma Etika sudah seharusnya diberikan ketika anak usia dini, sehingga ini diharapkan anak mengerti kepada siapa dia berbicara dan bagaimana ia bertindak dengan sopan tanpa harus membentak-bentak. Kemudian lingkungan yang berpengaruh besar kedua yang mempengaruhi norma dan etika adalah lingkungan sekolah, karena sebagian waktu anak-anak dihabiskan di sekolah untuk belajar. Dalam hal ini gurulah yang memegang peranan orang tua di dalam lingkungan sekolah. Guru yang baik adalah panutan bagi siswa-siswinya yang kelak akan diingat seumur hidup mereka. Lingkungan disekitar rumah juga mempengaruhi perilaku hidup anak-anak.
Dengan demikian sudah seharusnya Norma Etika menjadi tanggung jawab kita semua dan bukan tanggung jawab dari segelintir orang. Mari ciptakan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang ramah dan dikenal bangsa-bangsa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar